Skip to main content

Auction System

 Grouping Objects 92 : An Auction System


Auction System merupakan sebuah sistem jual-beli dimana pembeli menawar dengan harga lebih tinggi dari harga awal dan barang atau jasa tersebut akan terjual kepada penawar dengan harga tertinggi.

Dalam program simulasi pelelangan ini, kita haru membuat sebuah objek lelang terlebih dahulu kemudian kita memasukkan barang apa saja yang akan dilelang dan kemudian mendata penawar. Setelah itu, penawar memasukkan nomer barang dan harga yang ditawar. Pelelangan akan selesai setelah objek lelang diclose dan akan menampilkan nama pembeli dan juga harga akhir yang ditawar.


1. Auction.java <pusat sistem lelang>

2. Lot.java <penyimpanan barang lelang>

3. Bid.java <penyimpanan harga lelang tertinggi>

4. Person.java <penyimpanan seluruh nama penawar>


Cara menjalankan program ini :

  1. Compile seluruh class yang ada untuk memastikan tidak ada error.
  2. Membuat objek dari class Auction dengan klik kanan dan pilih new Auction().

  3. Memasukkan barang lelang dengan klik kanan objek lelang dan pilih enterLot() kemudian masukkan "namaBarang".  

  4. Cek nomer barang yang dilelang dengan klik kanan objek lelang dan pilih showLots().

  5. Mendaftar penawar dengan membuat objek baru dari setiap penawar dengan klik kanan class Person lalu pilih new Person() lalu masukkan identitas penawar (kode dan nama), maka sekarang kita memiliki banyak objek yaitu tempat lelang itu sendiri dan juga para penawar.


  6. Melakukan penawaran dengan klik kanan objek lelang lalu pilih makeABid() lalu masukkan nomer barang, kode penawar, dan harga tawaran.



  7. Tutup pelelangan dengan  klik kanan objek lelang lalu pilih close() maka pelelangan akan selesai dan akan menampilkan secara otomatis nama pembeli dengan barang serta harga yang dibeli.











Comments

Popular posts from this blog

Ticket Machine

 Concert's Ticket Machine by Daffa Muhamad Azhar Pada tugas kali ini saya diminta untuk membuat sebuah program mesin penjual tiket. Saya memilih program untuk menjual tiket konser beberapa band. Band tersebut yaitu Linkin Park, One Ok Rock, Paramore, dan Avenged Sevenfold. Pada program ini, class Tiket merupakan fungsi main() dari keseluruhan program. Pertama kita diminta untuk memilih band yang akan kita beli tiketnya, kemudian kita diminta untuk memilih jenis tiket dan banyaknya tiket dari konser tersebut, terakhir kita diminta untuk memasukkan uang untuk membayar tiket tersebut. 1. Tiket.java < fungsi utama keseluruhan program > 2. Band.java < menyimpan data band > 3. LinkinPark.java < menyimpan data dari tipe tiket pada konser Linkin Park > 4. OOR.java < menyimpan data dari tipe tiket pada konser One Ok Rock > 5. Paramore.java < menyimpan data dari tipe tiket pada konser Paramore > 6. A7X.java < menyimpan data dari tipe tiket pada konser A

ETS - ATM SETOR TUNAI

SETOR TUNAI ATM BCA      Program kali ini merupakan implementasi dari ATM Setor Tunai BCA sebagai nilai tugas dari ETS PBO. Program ini meminta user untuk menginputkan nominal uang yang akan disetorkan kepada rekeningnya sendiri ataupun orang lain. Langkah pertama, user diminta untuk memasukkan kartu dan PIN-nya. Selanjutnya, user diminta untuk memilih untuk melakukan setor tunai ataupun tarik tunai. Dalam program ini, hanya menyediakan layanan setor tunai. Setelah itu, diminta untuk memasukkan nominal uang yang akan di setorkan. Setelah selesai, user akan mendapatkan struk. Class yang dipakai pada Program ini : 1. ATM.java <main function yang menjalankan seluruh program> 2. Database.java <menyimpan kode pin untuk di cek dan saldo dari user> 3. SetorTunai.java <menjalankan program setor-tunai> 4. Layanan.java <mengeluarkan output untuk layanan yang belum tersedia> 5. PrintStruk.java <mengeluarkan output struk setelah user selesai memakai> (Post

Traffic Light Simulator

  Abstrac      GUI atau Graphical Unit Interface adalah sebuah bentuk user interface yang memungkinkan user berinteraksi dengan electrical device secara visual dari pada tulisan. Kali ini saya mempelajari penggunaan GUI ini dengan mengaplikasikannya melalui sebuah aplikasi Traffic Light, salah satu GUI yang dipakai dalam aplikasi ini adalah java swing. Aplikasi ini memiliki tiga komponen warna yaitu Merah, Hijau, dan Kuning yang akan menyala secara berurutan dengan periode masing - masing warna yaitu 10 detik. Menurut saya 10 detik itu merupakan waktu yang cukup tepat karena tidak terlalu lama dan tidak terlalu sebentar untuk sebuah percobaan aplikasi.  Diagram Class Diagram Object Diagram Implementasi 1. AppFrame.java 2. SignalPane.java 3. DigitPane.java 4. TrafficLightPane.java Result